Oleh: Arif Boy Wilson | 6 September 2008

Rangkaian Penyearah

1. DIODA

Ada suatu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari rangkaian penyearah.Apakah itu ?.Dialah yang disebut dengan dioda. Dioda merupakan salah satu komponen elektronika yang termasuk komponen aktif Dioda merupakan piranti non-linier yang berfungsi untuk menyearahkan arus dari ac menjadi dc. Ada berbagai macam dioda, yaitu dioda germanium, dioda silikon dan dioda zener. Setiap dioda yang berbeda mempunyai tegangan cut-in dan tegangan breakdown yang berbeda-beda. Setiap dioda yang berbeda juga menghasilkan kurva i-v yang berbeda pula.Selain sebagai penyearah, dioda juga dapat diterapkan untuk melindungi peralatan elektronika (misalnya, radio dan komputer) dari kerusakan akibat terbaliknya polaritas ketika dihubungkan ke suplai dc. Jika suplai dc dihubungkan dengan polaritas yang salah (A- B+) maka dioda dipanjar mundur sehingga tidak akan melakukan arus ke rangkaian
Setelah kita berbicara mengenai dioda,maka sekarang kita masuk ke rangkaian penyearah.

2. RANGKAIAN PENYEARAH

Biasanya,kita menjumpai dua jenis penyearah yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh.

a) PENYEARAH SETENGAH GELOMBANG

Mengapa disebut dengan penyearah setengah gelombang ?.Itu karena penyearah ini menghasilkan tegangan dc hanya dalam setengah periode positif dari satu periode gelombang tegangan masukan dc atau lebih sederhananya Pada rangkaian penyearah setengah gelombang, arus listrik akan dialirkan sebesar setengah gelombang.

Tegangan setengah gelombang menghasilkan arus beban satu arah,artinya arus mengalir hanya satu arah saja.Tegangan tersebut merupakan tegangan dc yang bergerak naik sampai nilai max dan turun sampai nol dan tetap nol selama siklus setengah negatif.

Parameter – parameter yang terpenting adalah :

ü Vdc = Vm / η

ü Idc = Im / η = Vm / ηRL

Tegangan searah yang dihasilkan oleh penyearah setengah gelombang maupun penyearah jembatan memiliki riak yang cukup besar (gelombang tegangan tidak rata).Makin besar kapasitas kapasitor perata, makin rata gelombang tegangan yang diberikan pada beban.Besar riak gelombang bergantung pada tetapan waktu rangkaian R-C, yang dirumuskan oleh τ= RC dimana R = hambatan listrik, C = kapasitas perata

b) PENYEARAH GELOMBANG PENUH

Penyearah gelombang penuh adalah penyearah jembatan yang menghasilkan tegangan keluaran dc lengkap dalam satu periode dari tegangan masukan ac.Rangkaian penyearah dengan empat dioda disebut penyearah jembatan.Penyearah gelombang penuh dengan dua dioda disebut penyearah tap tengah.Fungsi utama trafo tap tengah adalah agar kedua dioda penyearah dapat bekerja secara bergantian dalam mengalirkan arus ke beban.Tap tengah masing – masing penyearah mempunyai tegangan masukan yang sama dengan setengah tegangan sekunder.Dioda D1 menghantar ke putaran setengan positif dan dioda D2 menghantar ke putaran setengah negatif.

Dan secara sederhananya saja, Pada rangkaian penyearah gelombang penuh, arus listrik dialirkan sebesar satu perioda penuh.

Parameter – parameter yang terpenting pada penyearah gelombang penuh ini (tanpa filter) adalah :

ü Vdc = 2 Vm / η

ü Idc = 2 Im / η = 2 Vm / ηRL


Responses

  1. keren,..
    bisa buat dasar teori laporan ni,..
    gak sia2 mengorbankan mlm minggu ku,..
    hahahaha,..

  2. sipp..🙂

  3. dioda mencari gmna ta


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: