Oleh: Arif Boy Wilson | 15 Mei 2011

Tips-tips Belajar Pemrograman

Anda ingin untuk menjadi seorang programmer?? baik itu programmer PHP, Java, ataupun C++.

Kalau jawabannya iya, maka berikut tips-tipsnya :

1. Niat
Niat adalah salah satu hal yang paling penting. Segala sesuatu yang manusia lakukan selalu dimulai dari niat. Tanpa niat semuanya akan sia-sia. Berniatlah kalau Anda ingin menjadi seorang programmer.

2. Motivasi
Tentu saja niat ‘doang’ belum cukup. Anda perlu tahu untuk apa Anda belajar programming dan apa yang ingin Anda capai dalam bidang programming ini.
Banyak hal bisa jadi motivasi, contohnya : jika Anda seorang mahasiswa, Jurusan Sistem Informasi atau Jurusan TIK. Seorang dengan daya ekonomi orangtua yang pas-pasan dan memiliki banyak saudara yang masih ditanggung kehidupannya. Dan Anda merasa harus membantu ekonomi keluarga. Hal ini bisa jadi motivasi agar Anda serius belajar pemrograman seperti HTML dan PHP sampai ke tingkat mahir. Harapannya, Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda untuk berbagai macam proyek pembuatan dan pengembangan website ataupun membantu teman-teman Anda yang sedang menyusun tugas akhir tentang website ini dengan memberi mereka les privat. Otomatis, dari hal-hal tersebut akan mengalirkan berbagai pemasukan tambahan ke saku Anda😀
Tentu saja ‘materi’ tidak selalu menjadi hal yang utama untuk menjadi motivasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan lulusan jurusan TIK bingung dengan bidang IT yang mereka miliki sebenarnya. Apakah jaringan, pemrograman, atau database ? Nah, Anda yang mungkin seorang lulusan komputer tentu tidak mau dikatakan sebagai lulusan yang tidak memiliki skill. Minimal Anda menguasai salah satunya. Itu juga bisa dijadikan motivasi.
Sekali lagi, ada banyak hal yang bisa dijadikan motivasi./

3. Mulailah dengan hal-hal yang paling dasar dan ringan.
Jangan meremehkan hal-hal yang bersifat dasar / basic. Kita bisa lihat para tukang yang membuat rumah. Mereka tidak langsung memasangkan jendela dan pintu, membuat pagar, ataupun membuat kamar tidu dan kamar tamu. Tapi mereka memulainya dengan membuat pondasi. Nah, ‘mulailah dengan membuat pondasi’. Belajarlah konsep-konsep pemrograman dari hal-hal yang paling ringan seperti menampilkan kalimat, mengatur letak kalimat, memberi warna huruf, dan lain-lain sebagainya.

4. Belajarlah secara bertahap dengan membuat jadwal pembelajaran.
Jangan mempelajari semua kode program sekaligus dalam satu hari. Karena itu hanya membuat kepala Anda pusing. Tidak percaya ?? buktikan sendiri dan, saya sudah membuktikannya. hehehe..
Pelajarilah kode-kode program itu secara bertahap, dari kode yang paling mudah. buatlah jadwal tersendiri, misalnya untuk hari ini Anda akan belajar kode seperti apa, lalu esok hari kode apalagi. Seperti itu, sampai seluruh kode bisa dipraktekkan.
Terpenting, bukanlah banyak kode-kode program yang telah Anda praktekkan, tetapi seberapa banyak kode-kode program yang telah Anda pahami.

5. Tulislah kode demi kode, jangan menghapal.
Jangan pernah menghafal program, karena itu adalah suatu hal yang sia-sia. tapi jadikanlah kode-kode tersebut akrab di ingatan Anda dengan sesering mungkin menuliskan dan mengeksekusi program tersebut.

6. Lakukan Pengembangan
Kembangkanlah program-program yang telah Anda pelajari. Berikan sentuhan inovasi dan kreasi yang Anda miliki. Dengan begitu Anda akan makin bersemangat dalam belajar.

7. Ikuti Perkembangan
Bila sudah berhasil ke tahap akhir, jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan pemrograman, baik lewat situs-situs TIK atau dengan bergabung ke forum-forum pemrograman di internet.

8. Jangan pernah merasa pandaii
Ada sebuah ungkapan, ‘orang yang pandai itu baik, tapi merasa pandai itu yang tidak baik’. Hal inilah yang membuat kita menjadi seperti ‘katak di bawah tempurung’ , tidak mau belajar, dan akhirnya menjadi bodoh sendiri (karena tidak mau lagi belajar).
Teruslah belajar dan belajar.

9. Semoga sukses😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: